Minggu, 29 Maret 2009

Review StarOffice

StarOffice adalah paket Office luar biasa. Kemampuannya untuk dikembangkan lebih lanjut dengan bantuan macro membuat paket Office ini begitu fleksibel. Dengan macro, kita bahkan bisa menyimulasikan berbagai fungsi dari StarOffice.Bagi kita yang sering menggunakanStarOffice, tentu saja kita selalu menggunakan berbagai fungsi-fungsi dasar seperti membuat dokumen baru, membuka dokumen baik secara read/write ataupun read only, menyimpan dokumen, mengubah properties dokumen, mengetahui statistik dokumen, mencari teks tertentu dalam dokumen, ataupun mencetak dokumen.
Semua fungsi tersebut adalah fungsi dasar StarOffice. Tak terlepas dari komponen apapun yang Anda gunakan, baik Writer, Calc ataupun Impress, membuka dan menyimpan dokumen adalah tugas dasar yang tak terelakkan.
Dengan macro, kita dapat mengembangkan apa saja di StarOffice. Membuat file manager sendiri pun bisa asalkan rajin karena tersedia banyak dukungan fungsi file sistem. Tidak mudah memang mempelajari macro di StarOffice. Sering berlatih adalah salah satu cara untuk mempelajarinya.
StarOffice menyediakan semua aplikasi yang ada pada Ms. Office, bahkan lebih lengkap dan unggul. Suite StarOffice versi Linux merupakan suite gratis untuk penggunaan non komersial sedang untuk penggunaan kommersial diperlukan lisensi.
Keuntungan:
1. Powerfull dan Full Features.
2. Memiliki banyak aplikasi.
3. Integrasi aplikasi office.
4. Kompatibel dengan Ms. Office.
Starwriter dapat digunakan untuk membuka dan mengedit file dengan ekstensi rtf, doc, dll. StarImpress dapat digunakan untuk membuka dan mengedit file presentasi dengan ekstensi ppt.
5. Harga murah (kita cukup keluar uang untuk membeli CD atau koneksi internet untuk men-download tanpa perlu membayar lisensi untuk penggunaan non komersial).
6. Lebih Stabil dan tahan virus (StarOffice versi Linux) karena berjalan dalam platform sistem operasi Linux.
Kelemahan:
Lambat ketika dijalankan pertama, karena StarOffice merupakan integrasi kumpulan program aplikasi, sehingga jika dijalankan maka StarOffice akan memanggil program-program aplikasi yang merupakan suite officenya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar