Minggu, 05 April 2009

Spreadsheet


Langkah 1: Buatlah lembar kerja dan masukkan data.

      1. Buka sebuah lembar kerja dalam software spreadsheet.

      2. Dalam sel A1, ketik judul Mesin. Dalam sel B1, ketik Berapa menit oleh mesin? (Kamu dapat menggunakan unit waktu, seperti jam). Dalam sel C1, ketik Berapa menit oleh saya sendiri?

      3. Dalam kolom A, dimulai dengan sel A2, buat daftar mesin-mesin yang digunakan para murid dalam penyelidikan otomatisasi. Dalam kolom B dan C, dimulai dengan sel B2 dan C2, ketik berapa lama waktu yang ditempuh untuk masing-masing kategori. Lanjutkan dengan mengetik waktu yang ditempuh sehingga semua data sudah dimasukkan untuk semua mesin.




Langkah 2: Masukkan formula.

      1. Dalam kolom B, klik sel di bawah entry yang terakhir.

      2. Pada menu Insert, klik Function. Kotak dialog Insert Function terbuka.

      3. Pilihlah fungsi Average, lalu klik OK.

      4. Rentang data yang ingin dirata-ratakan akan muncul selanjutnya pada Nomor 1 kotak teks, pada kotak dialog Function Arguments dalam format B2:B5. Klik OK.

      5. Rata-rata seharusnya muncul sekarang. Ulangi langkah 1 sampai 4 untuk kolom C.



Langkah 3: Gambarkan data.

      1. Sorotlah sel-sel yang ingin kamu buat grafik (sebagai contoh, pada sampel spreadsheet di atas, kamu akan menyorot sel A1 sampai C5). Kamu mungkin ingin membuat dua bagan yang berbeda – satu tanpa data rata-rata dan satu lagi hanya memakai data rata-rata. (Lihat sampel spreadsheet data otomatisasi manusia).

      2. Pilih Chart pada menu Insert.

      3. Klik kolom tipe bagan (chart), lalu klik Next.

      4. Klik tab Data Range untuk meyakinkan bahwa Columns telah dipilih pada bagian Series In, dan kemudian klik Next.

      5. Pada langkah 3 dari Wizard (Pilihan Chart), klik tab Title.

      6. Tambahkan judul pada bagan dan sumbunya.

      7. Klik tab Gridlines dan berkreasilah dengan pilihan gridline. Pilihlan gridline yang membuatmu mengerti data dengan lebih mudah.

      8. Klik tab Legend, pilih lokasi untuk legend, lalu klik Next.

      9. Tempatkan bagan sebagai obyek pada lembar kerja yang asli, sehingga kamu dapat melihat seluruh entries lembar kerja saat memeriksa bagan, atau tempatkan dalam lembar yang terpisah.

      10. Ikuti prosedur yang sama untuk membuat bagan yang menggambarkan rata-rata – diagram pie berfungsi dengan baik untuk menunjukkan data rata-rata seperti saat kamu menggunakan tombol kotak teks untuk mengetik dalam Menit oleh Mesin dan Menit oleh Diri Sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar